TIM SUKSES DALAM DUNIA POLITIK

OLEH :  OGI SANDRIA, S.PdI., M.Pd                                                                                                       

Dalam prosesi Pemilu ada beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan  suatu figur untuk memenangkan pertarungan dalam berbegai ajang Pemilihan Umum. Diantaranya adalah:

  1. Tim Sukses/ Team Work
  2. Strategi
  3. Cost Politic
  4. Perangkat Pemenangan lainnya

Dalam artikel ini penulis hanya menyinggung persoalan Tim Sukses atau dewasa ini lebih disebut sebagai  Team Work, adapun perangkat dalam tim sukses diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tim manegerial dan Strategi
  2. Tim Support
  3. Tenaga admininstrasi
  4. Tim Sayap
  5. Tim pergerakan
  6. Satuan Khusus

Dalam tugasnya semua tim tersebut harus saling terintegrasi dan terkorelasi satu sama lain, masing-masing tugas tim tersebut hendaknya bersifat hierarki bukan dikotomi dan kesemua elemen tersebut sama-sama penting dan sama-sama memiliki peran  dalam agenda pemenagan figur/kandidat tertentu dalam agenda pemilihan umum. Adapun tugas dari masing-masing tim tersebut adalah:

  1. Tim Managerial dan strategi, adalah tim yang mengatur dan mengkaji segala peluang, kelemahan, kekuatan dan ancaman bagi kandidat serta menyiapkan solusi atas semua elemen tersebut.
  2. Tim Support adalah tim yang dibentuk untuk membantu realisasi dari konsep tim manegerial sesuai dengan pembagian bidangnya masing-masing, seperti Bidang Hukum, Humas, Tim Keluarga dan sebagainya.
  3. Tenaga Administrasi, adalah petugas yang mengakomodir segala kebetuhan kesekretariatan dan melakukan pelayanan publik kepada masyarakat terkait dengan urusan admininstrasi
  4. Tim Sayap, tim ini dibentuk atas dasar strategi tertentu yang tidak bisa dijalankan tim support karena adanya perbedaan pola dan sistem pendekatan yang terjadi dalam suatu masarakat. Seperti tim yang khusus menagani pemilih pemula, kewanitaan dan sebagainya.
  5. Tim Pergerakan adalah tim yang kontradiktif dengan pekerjaan sekretariat yang hanya bekerja di tatanan internal sekretariat, yaitu bekerja secara real di lapangan seperti menggalang masa, mengindentifikasi tim dan melakukan pendekatan tertentu kepeada masyarakat.
  6. Satuan Khusus adalah tim yang dibentuk/didesaign atas dasar kebutuhan tertentu yang bersifat insedentil dan mendesak.

Meskipun terdapat perbedaan tugas dan fungsi, namun kesemuaan elemen di atas memiliki keterkaitan satu sama lain yang harus saling terintegrasi dan terstruktur secara masif.  Kesemua tim tersebut adalah tim yang sama-sama pentingnya yang mendongkrak popularitas dan elektabilatas figur yang diusungnya.  Pada hakikatnya semua tim tersebut harus didesaign dari awal dengan menentukan kriteria tertentu kepada seseorang untuk selanjutnya di patenkan kedalam struktur tim yang bersifat formal sesuai dengan bakat yang dimiliki oleh seseorang tersebut.

Dalam proses pemenangan, tim sukses memiliki peranan yang signifikan dalam menentukan pemenagan bagi figur yang diusung, karena tim tersebutl akan menjadi mesin politik yang terus bergerak bagai bola salju Snow Ball semakin menggelinding semakin membesar. Sebagai dampaknya adalah jaringan yang dibentuk akan semakin membesar, merata dan menyeluruh.

Adapun kriteria tim yang baik adalah:

  1. Bisa bekerjasama
  2. Loyal
  3. Kredibel
  4. berintegritas
  5. Fleksibel
  6. memiliki skill tertentu

Meskipun demikian yang tidak termasuk dalam kategori di atas, hendaknya juga harus tetap diakomodir jika ingin bergabung menjadi tim.  Dengan catatan orang tersebut  harus ditempatkan kedalam bidang tertentu, karena dalam politik prinsip tidak boleh memilah-milah/membuang seseorang harus tetap ditonjolkan. Perspektif (OS) Pengayaan Materi  : INDRA BUDAYA, SE.,MM  APHAR RIEZAL, M.Pd MOHD. FADILA, S.PdI.

Berita Populer

Berita Terbaru

TAFYANI KASIM | CALON BUPATI KERINCI 2024 – 2029